STUDI KELAYAKAN BISNIS “USAHA DISTRO ONE PIECE


STUDI KELAYAKAN BISNIS
“USAHA DISTRO ONE PIECE”









NAMA            : MUHAMMAD ASIS
NIM                  : 1103022097
KELAS            : A
SEMESTER    : VI
D.P.A               : NIKSON TAMENO SE,ME


FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
KUPANG
2014


            Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat TUHAN YANG MAHA ESA. bahwa penulis telah menyelesaikan tugas akhir mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis
Penulisan tugas akhir ini adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis
            Dalam penyusunan tugas ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan dari orang tua,teman dan semua orang yang telah membantu dalam penyusunan tugas akhir Studi Kelayakan Bisnis ini, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
  1. Bapak Ibu dosen mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada penulis sehingga penulis termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
  2. Orang tua yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai
  3. Teman yang telah membantu menyumbangkan pikirannya dalam pekerjaaan tugas ini.
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amiin.






Kupang,        JUNI  2014


                                                                                                                                      Penuli


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Distro, yang merupakan singkatan dari Distribution Outlet merupakan suatu tempat untuk mendistribusikan suatu barang dalam jumah yang terbatas. Jumlah barang yang terbatas inilah yang membedakan distro dengan toko-toko yang menjual produk-produk buatan pabrik. Karena jumlah yang dijual yang terbatas, maka keuntungan yang diperoleh lumayan banyak karna tidak banyak orang yang memakai barang yang sama seperti kita pakai alias bukan barang pasaran.
Sekarang ini distro sudah ada banyak dimanapun di belahan bumi ini baik secara offline mapun distro yang digarap secara online. Kaos dari distro bukan saja tidak pasaran, tetapi biasanya memiliki disain-desain yang unik dan menarik. Dan karena inilah banyak orang kemudian lebih memilih membeli kaos nya di distro disbanding di toko-toko pakaian umum.
Distro adalah suatu tempat yang biasanya menjual pakaian, sepatu, celana, dan aksesoris yang biasanya mengikuti perkembangan mode dan kebanyakan konsumennya adalah anak muda.
Suatu usaha itu didirikan tentu dengan maksud untuk mencapai tujuan tertentu, yang pada umumnya adalah mencari keuntungan. Dan terkadang dalam praktiknya yakni dalam menjalankan usaha, tentu akan menemui suatu kendala, hambatan-hambatan dan resiko yang mungkin timbul setelah usaha berjalan. Hal ini disebabkan oleh adanya suatu keadaan ketidakpastian atas masa depan, baik di bidang ekonomi, hokum, politik, budaya perilaku dan perubahan lingkungan masyarakat.
Bisnis fashion semakin marak di Indonesia. Berbagai model pakaian dengan design baru dikeluarkan oleh produsen tiap harinya. Konsumen produk fashion juga semakin antusias menyambut model-model baru yang dirilis. Tak heran berbagai outlet penjualan produk fashion tidak pernah sepi. Maka menjamurlah berbagai bentuk bisnis clothing ini, mulai dari butik, factory outlet, distro, mobile disto dan lain sebagainya.
Seiring dengan berkembang pesatnya mode berpakaian pada jaman sekarang, orang-orang terutama anak muda berusaha tidak ketinggalan jaman dalam hal berpakaian dengan mengikuti mode yang sedang menjadi tren. Dalam berpakaian sehari-hari seolah mereka tidak ingin ketinggalan jaman dengan tren yang sedang berlaku sekarang. Bahkan mereka seringkali mencoba ingin menjadi tren setter, dengan berpakaian unik dan kreatif. Hal ini membuat para anak-anak muda berlomba-lomba untuk tidak ketinggalan jaman dalam hal berpakaian.
bisnis distro baik kaos atupun yang lainnya menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa dibilang cukup diminati karena potensinya untuk maju sangat besar di jaman seperti sekarang ini. Mengingat lifestyle atau gaya hidup anak muda yang sudah menjadikan pakaian tersebut sebagai atribut atau identifikasi dari ekspresi diri mereka.
Oleh seseb tersebut, daerah sekitar Oesapa ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar, Sehingga membuka peluang bagi usaha ditro untuk memperoleh keuntungan yang ukup besar karna belum banyaknya pesaing yang ada di oesapa.

1.2  Tujuan Pembelajaran
penulis  menyusun karya tulis ini untuk membahas atau mengetahui cara-cara atau kiat-kiat untuk menjadi wirausaha yang sukses. Dan yang kami bahas dalam makalah ini adalah mengenai "Usaha Distro". Tujuan kami memilih "Usaha Distro" sebagai bahan pembahasan dalam karya tulis kami, adalah karena usaha distro  merupakan usaha yang cukup menjanjikan di tengah perkembangan mode-mode dalam urusan fashion  anak muda jaman sekarang. Selain itu usaha ini tidak begitu sulit bagi mereka yang memiliki kreatifitas dan berusaha menuangkan idenya lewat model-model dan gambar-gambar . Kami berharap karya tulis ini dapat bermanfaat dan menginspiransi bagi yang membacanya khususnya bagi anda yang berniat untuk menjalankan usaha ini.

1.3  Manfaat Penelitian
Manfaat yang di harapkan penulis dalam penulisan ilmiah ini yaitu :
1.Membantu penulis dalam lebih memahami lebih dalam tentang usaha ditro
2.Dapat dijadikan sebagai acuan bagi penulis lain apabila ingin melakukan usaha distro.
3. menentukan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan usaha Distro sehingga dapat meningkatkan perkembangan usaha Distro kedepannya.









BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Usaha Distro
Usaha yang  akan dikembangkan diberi nama “ONE PIECE”. Karena nama tersebut di ambil berdasarkan nama kartu yang ada di Jepang yang sangat banyak diminati dan laris si pasaran dunia dan dengan harapan bahwa distro ini juga laris dipasaran.

2.2 Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.

2.3 Strategi Pemasaran ( Segmenting, Targeting, Positioning )
a)      Segmentasi
Usaha baju distro yang  dihasilkan, menawarkan variasi warna. Selain itu desain fashion yang bisa di buat sesuai keinginan konsumen membuat fashion distro kami jauh lebih unik. One Piece  Distro juga menjadi semacam media untuk mengekspresikan diri. Hal inilah yang membuat kami lebih cenderung memilih segmen anak remaja khususnya siswa SMA, SMP, dan mahasiswa.
b)      Targeting
Dengan segmen pasar tujuan yang kami pilih, distro kami pembeli utamanya adalah anak muda,  serta dijual secara online melalui website dan FB yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup remaja masa kini.
c)      Positioning
Design-design yang ada di distro kami pun lebih terlihat khas dan original, selain desain yang bisa dirancang sendiri oleh konsumen, kami juga menyediakan beberapa design pilihan yang selalu up to date sesuai deengan moment dan trend yang sedang terjadi. Selain itu juga kami bersedia apabila ada pelanggan yang ingin menggambar bajunya sendiri dengan keinginannya sendiri.

2.4 Marketing mix
a)      Produk
Dalam penetapan produk, kami sangat peduli dengan semua  yang berkaitan dengan produk yang di hasilkan. Hal ini terlihat dari pemilihan bahan, gambar, maupun pembuatan bajunya tersebut secara langsung sehingga kami selalu menghasilkan produk yang berkualitas. Produk yang kami tawarkan pun beragam modelnya.
b)      Service
Pelayanan ( baik dalam proses jual maupun purna jual ) juga merupakan salah satu indikator yang menyatakan bahwa suatu bisnis sangat me-raja-kan konsumen dan tetap mengutamakan kepuasan konsumen agar mereka menjadi loyal dan diharapkan menjadi pelanggan tetap.




Berikut adalah bentuk service / pelayanan yang kami berikan kepada konsumen :
1)      Memberlakukan sistem retur ( pengembalian ) yang dikarenakan masalah teknis seperti salah ukuran.
2)       Memberikan sistem diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu
3)      Memberlakukan sistem pembayaran dimuka yang disesuaikan
4)      Pemesanan produk bersifat customized atau sesuai keinginan konsumen baik model maupun gambar.
5)      Pemesanan yang fleksibel melalui intenet, sms dan telefon
6)      Hotline dalam bentuk sms maupun telefon
c)      Brand
Brand / Merk adalah sesuatu yang menjadi ujung tombak yang akan memberikan kesan ( image ) pertama kali kepada konsumen dan merupakan hal yang akan pertama kali dingat oleh konsumen selain hal lainnya. Tentu saja pemberian merek harus yang mudah diingat dan mudah diucapkan oleh konsumen.










BAB III
GAMBARAN UMUM POTENSI
2.1 Profil Demografi Kota Kupang
Kecamatan
Banyaknya Penduduk
Luas Wilayah
(km2)
Kepadatan Penduduk
Per km2
Alak
56.035
86,91
645
Maulafa
70.008
54,80
1.278
Oebobo
88.509
14,22
6.224
Kota Raja
50.226
6,10
8.234
Kelapa Lima
68.724
15,02
4.575
 Kota Lama
31.846
3,22
10.441
Jumlah
365.348
180,27
2.02
Catatan : Berdasarkan Hasil Proyeksi Penduduk 2012

2.2 Profil Ekonomi Kota Kupang
Ibukota Provinsi
Kupang
Luas Daerah
4 734 990 Hektar
Jumlah Kabupaten/Kota                           (2012)
20 Kabupaten dan 1 Kotamadya
Jumlah Kecamatan                                    (2012)
306
Jumlah Desa/Kelurahan                            (2012)
2 929 Desa dan 317 Kelurahan
Jumlah Penduduk                                      (2012)
4 899 260
Kepadatan Penduduk per Km2                (2012)
103
Jumlah Rumah Tangga                             (2012)
1 056,59
Angka Migrasi Keluar                              (2012)
8 054
Angka Migrasi Masuk                              (2012)
187
Pertumbuhan Ekonomi                             (2012)
5,42
PDRB Perkapita [Rp]                              (2012)
7 249 036
Pendapatan Perkapita [Rp]                      (2012)
6 727 580
Angka Harapan Hidup [Tahun]               (2012)
68,04
Rata-rata Lama Sekolah [Tahun]             (2012)
7,09
Angka Melek Huruf [Persen]                  (2012)
89,23
Indeks Pembangunan Manusia                (2012)
68,28
Jumlah Penduduk Miskin       (September 2013)
1.009,15 ribu
Gini Ratio                                                (2013)
0,352
Jumlah Pengangguran                (Februari 2013)
46,4 ribu
Catatan : Berdasarkan Data dari BPS Kota Kupang



BAB IV
ANALISIS ASPEK YANG DIKAJI
4.1 Analisis Aspek Hukum
            Penilaian atas aspek hukum sangat penting meningat sebelum usaha tersebut dijalankan, segala prosedur yang berkaitan dengan izin atau berbagai persyaratan lain harus terlebih dahulu dipenuhi. Bagi penilai studi kelayakan bisnis, dokumen yang perlu diteliti keabsahan, kesempurnaan dan keasliannya meliputi badan hukum, perizinan yang dimiliki, sertifikat tanah maupun dokumen pendukung lainnya.
4.1.1 Izin lokasi :
a)      sertifikat (akte tanah),
b)       bukti pembayaran PBB yang terakhir,
c)      rekomendasi dari RT / RW / Kecamatan
d)     IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
4.1.2 Izin usaha :
Beberapa jenis izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah yang menyangkut izin usaha perdagangan, yaitu:
a)      SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
Merupakan surat izin yang diberikan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk kepada pengusaha untuk melaksanakan kegiatan usaha dibidang perdagangan dan jasa. Surat izin usaha perdagangan (SIUP) diberikan kepada para pengusaha, baik perseorangan, firma, CV, PT, koperasi, maupun BUMN.
Kewajiban pemegang SIUP yaitu melaporkan kepada kepala kantor wilayah Departemen Perdagangan dan Industri atau kantor Departemen Perdagangan yang menerbitkan SIUP apabila perusahaan tidak melakukan lagi kegiatan perdagangan atau menutup perusahaan disertai dengan pembelian SIUP.
b)      SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
Setiap perusahaan yang ada perlu dan harus mengurus Surat Izin Tempat Usaha, demi keamanan dan kelancaran usahanya. Surat Izin Tempat Usaha dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten sepanjang ketentuan-ketentuan Undang-Undang Gangguan mewajibkannya.

c)      NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
Setiap pribadi yang berpenghasilan diatas penghasilan tidak kena pajak ( PTKP), dan badan usaha wajib atau harus mendaftarkan diri sebagai wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak setempat dan akan diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
4.2 .  Analisi Aspek Lingkungan
Analisis aspek lingkungan dilakukan dengan tujuan untuk melihat dampak usaha yang dijalankan terhadap lingkungan sekitar. Usaha ini tidak memiliki dampak negative secara fisik terhadap lingkungan sekitar. Tidak ada polusi udara yang ditimbulkan ataupun polusi suara (kebisikan).
4.3  Analisis Aspek Pasar dan Pemasaran
Analisis aspek pasar dan pemasaran Meliputi strategi pemasaran yang dilakukan. Dalam mendirikan distro harus mencari tempat yang strategis, karena sebagian konsumennya anak muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di tempat yang biasa anak muda sering berkumpul.
Dengan cara ini tentu distro yang didirikan akan menarik perhatian bagi para anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi distro tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet untuk mempromosikan distronya. Blog dan situs pertemanan sering digunakan untuk memperkenalkan distro yang dia dirikan kepada orang-orang. Selain itu mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif. Apalagi distro merupakan tempat anak-anak muda berkumpul, pasti mereka akan memberi tahu kepada temannya untuk mengunjungi distro tersebut.
4.4 Analisis Aspek Teknis dan Teknologi
Aspek pokok yang perlu dibahas antara lain menentukan kelayakan dari segi ketersediaan lokasi, alat, bahan dan teknologi. Analisis aspek teknis ini juga bertujuan untuk menentukan kebutuhan investasi fisik dari suatu usaha.
a)      Lokasi
Analisis aspek lokasi bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan. Analisis lokasi ini berkaitan dengan penentuan lokasi dan ketersediaan fasilitas secara umum yg mendukung operasi usaha di lokasi tersebut, selain itu juga akan mempengaruhi biaya biaya operasional.
b)      Pemilihan dan Perencanaan Produk yang Akan Diproduksi
Produk yang akan kami jual selalu mengikuti tren atau produk baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti tren masa kini. Dan model pakaian yang dijual di distro biasanya mengkuti perkembangan tren masa kini
c)       Harga
Dalam menentukan harga barang atau produk yang dijual memang harus disesuaikan dengan kantong dari konsumennya. Tetapi meskipun biasanya barang-barang yang di jual di distro harganya agak mahal, tetapi tetap saja tidak mengurangi minat para anak muda untuk membeli pakaian, celana, atau aksesoris yang mereka gunakan di distro. Memang gengsi di antara kalangan anak muda mempengaruhi hal tesebut, tetapi model dan kualitas barang-barang yang ada di distro sangat sesuai dengan selera para anak muda, sehingga mereka tetap membeli barang-barang yang ada di distro meskipun harganya mahal. Akan tetapi pemilik distro harus memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli.
d)     Rencana Kualitas
Kualitas yang kami akan tawarkan dapat dihandalkan, karena kami menjaga kualitas barang yang akan kami jual nanti. Setiap produk yang akan kami jual akan kami jamin kualitasnya agar tetap baik di mata pelanggan nantinya.
e)      Pemilihan Teknologi
Untuk kegiatan administrasi dan umum, kami akan menggunakan teknologi komputer. Penggunaan teknologi komputer bertujuan untuk menyimpan dan melindungi dokumen-dokumen serta data-data penjualan.
4.5  Analisis Aspek Keuangan
Analisis aspek keuangan merupakan aspek yang digunakan untuk menilai keuangan perusahaan secara keseluruhan dan merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk diteliti kelayakanya. Penilaian aspek keuangan meliputi penilaian biaya-biaya apa saja dan seberapa besar biaya tersebut dikeluarkan. Modal untuk usaha distro ini plus biaya operasional  adalah sebagai berikut :

v  MODAL USAHA DISTRO
NO
MODAL
BIAYA
1
Tanah
Rp. 1.500.000,00
2
 Belanja produk distro
Rp. 10.000.000,00
3
Rak baju dan lain-lain
Rp. 2.000.000,00
4
Manequin, Hanger Dll
Rp. 1.000.000,00
5
Biaya Promosi Awal
 Rp. 500.000,00

 Total Modal
Rp. 15.000.000,00


v  BIAYA OPERASIONAL
NO
Biaya produksi
Biaya
1
Transportasi
Rp.  400.000,00
2
Telepon DLL
Rp.  300.000,00
3
 Listrik
Rp.   300.000,00

 Total
 Rp.  1.000.000,00

Prediksi keuntungan:
Dengan asumsi dalam sehari rata-rata bisa menjual 12 produk. Harga rata-rata produk Rp. 50.000,- dengan keuntungan rata-rata 25% dari harga beli.
Maka Pemasukan perbulan:
Penjualan/hari 12 Produk  @ Rp. 50.000,-  = Rp. 600.000,-
Jadi, Taksiran Penjualan/bulan 360 Produk @ Rp. 50.000,- = Rp. 18.000.000,-
Keuntungan:
Rp. 18.000.000,- X 25% – Rp. 1.000.000 (biaya operasional) = Rp. 3.500.000
Balik modal:
= Modal Awal : Keuntungan = Rp. 15.000.000 : 3.500.000 = 4 bulan.
Melihat dari sisi keuangannya, usaha ini jelas sangat menguntungkan, namun perlu diwaspadai, karena usaha ini menyangkut fashion, maka perkembangan tren model menjadi tuntutan utama yang diperhatikan dalam kegiatan operasionalnya.



BAB V
SIMPULAN DAN REKOMENDASI
5.1 SIMPULAN
Usaha Distro berpeluang sangat besar dalam menembus pasar penjualan pakaian, karena sasaran usaha ini adalah anak muda yang secara keseluruhan konsumtif. kelebiahan usaha ini adalah pada produknya yang tidak ada dipasaran umum, biasanya hal yang seperti ini yang dicari para konsumen, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha distro sangat terasa keuntungan dan kepuasannya baik bagi produsen maupun konsumen.
5.2 Rekomendasi
Untuk memulai membangun usaha Distro  sebaiknya dilaksanakan secepatnya sebelum didahului oleh para pesaing, karna belum banyaknya pesaing yang ada.  Sehingga usaha Distro yang akan di bangun akan menjadi lebih cepat di kenal oleh masyarakat luas dan hal ini tentu akan mempercepat citra masyarakat tentang kebederadaannya, maka hal ini akan menguntungkan kita apabila usaha kita lebih dikenal terlebih dahulu dari para pesaing.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL

10 Drama Korea terbaru Bulan Mei

Beberapa website membuat blog yang populer