ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF MASYARAKAT PADA OBYEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN







ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF MASYARAKAT PADA OBYEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN

S K R I P S I

OLEH:

OBBIE STEVAN DETAQ
NIM. 1103021028

JURUSAN ILMU ADMINISTRASI BISNIS
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
KUPANG
2018






LEMBAR PERSETUJUAN

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF MASYARAKAT PADA OBYEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN
S K R I P S I



OLEH:


OBBIE STEVAN DETAQ
NIM: 1103021028




Telah Disetujui Untuk Dipertahankan di Hadapan Dewan Penguji Sarjana Lengkap Pada Tanggal


       Pembimbing I                                                     Pembimbing II





Dr. Frans Gana, M.Si                                   Umbu Reku Raya, S.Tp,MM
NIP: 19600614 198702 1 001                        NIP: 19700720 200012 1 001           



MENGETAHUI
KETUA JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS




Dr. Khalid K. Moenardy, M.Si
NIP. 19620817 198803 1 002

PERSEMBAHAN
Skripsi ini Kupersembahkan kepada:
1        Tuhan Yesus Kristus karena atas penyertaan-Nya maka skripsi ini  berhasil  diselesaikan.
2        Yang tersayang kedua Orangtuaku, Bapa Jack Steven Detaq dan mama Anna Bendelina Detaq-Palla (alm) yang selalu memberikan harapan dan dorongan lewat panjatan Doa.
3        Buat kakakKu tersayang Ike Detaq dan kaka ipar Siprianus Suban yang selalu memberikan bantuan dan dorongan serta lewat panjatan Doa buat peneliti.
4        Yang tersayang kepada ke-3 keponakanKu tersayang yang selalu memberikan harapan dan dorongan lewat panjatan doa.
5        Almamater Fisip_Undana Khususnya Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Kupang yang tercinta.
6        Seluruh teman-teman se-almamater yang telah membantu penulisan sampai dengan selesai.
7        Yang terakhir untuk kakak tercinta Salfanus Boy Yudeni Detaq (alm)











KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Melalui Pendekatan Partisipatif Masyarakat Pada Obyek Wisata Air Terjun Tesbatan”. Skripsi ini diajukan sebagai salah satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana Administrasi Bisnis pada Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang.
Selama penyelesaian skripsi ini, penulis menyadari sepenuhnya telah mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada :
1.      Bapak Prof. Ir. Fred Benu, M.S, Ph.D selaku Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang-NTT.
2.      Bapak Dr. Frans Gana, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berserta seluruh staf.
3.      Bapak Dr. Khalid K. Moenardy, M.Si, selaku Ketua Jurusan Administrasi Bisnis dan Bapak Drs. Lukas J.B.B. Hattu, M.Si, selaku Sekretaris Jurusan.. 
4.      Bapak Dr. Frans Gana, M.Si sebagai Pembimbing I, Bapak Umbu Reku Raya, S.Tp,MM sebagai Pembimbing II yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
5.      Ibu Dra. Lustry Rahayu, M.Si selaku Dosen Penasehat Akademik yang telah membimbing penulis selama penulis menyelesaikan studi di jurusan Administrasi Bisnis. 
6.      Bapak Drs Abas Kasim, M.Si, Bapak Drs. Tobias T. Bunga, M.AB  dan Bapak Drs. Anthonius B. Mesakh, M.Si selaku calon penguji yang telah meluangkan waktunya untuk menguji penulis.
7.      Bapak dan Ibu dosen Jurusan Administrasi Bisnis terima kasih karena telah mengajar dari semester I sampai Semester VII.
  1. Pihak-pihak di sekitar lokasi penelitian yang telah bersedia menjadi responden terima kasih karena telah membantu penulis dalam mengumpulkan data.
  2. Buat Mama (Anna Bendelina Detaq-Palla), Bapak (Jack Steven Detaq), Om , Tante, Oma, Opa, To’o Lon Runesi dan Tante Ocy Serta semua keluarga Dawang yang telah mendoakan penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.
  3. Saudara-saudari yang selalu mendukung penulis Kakak Ike Suban-Detaq, kakak Siprianus Suban, Dhiny Suban, Fanny Suban, Rajo-Boy Suban.
  4. Sahabat-sahabatku tercinta yang tak bisa disebutkan satu persatu, yang senantiasa mendoakan, membantu dan memberikan semangat kepada penulis sejak awal perkuliahan dan ketika menghadapi masalah.
  5. Teman-teman Bhabizickh”11”.
  6. Teman-teman KKN desa Manulai I Periode Juli-September 2014.
  7. Kaka-kaka semester Fisip Undana Tercinta yang tidak dapat disebutkan satu persatu karena terlalu banyak,
  8. Kepada semua pihak yang tidak disebutkan namanya satu-persatu yang telah membantu selama penulisan skripsi ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Akhirnya, sebagai manusia yang tidak lepas dari banyak kesalahan, penulis menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan skripsi ini.
Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya para mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang.   
Kupang, 2018
Penulis












ABSTRAK
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF MASYARAKAT PADA OBYEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN
Oleh:
Obbie Stevan Detaq Dibimbing Oleh Dr. Frans Gana, M.Si
dan Umbu Reku Raya, S.Tp,MM
Penelitian ini dilakuan berdasarkan masalah pokok bagaimana pengembangan obyek wisata air terjun di Tesbatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan untuk menjadikan obyek wisata air terjun Tesbatan sebagai salah satu obyek wisata yang ada di kabupaten Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan kuesioner yang didasarkan atas dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder selanjutnya data dianalisis menggunakan alat analisis SWOT yaitu dengan melihat kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportinities) dan ancaman (treats). Serta populasi dalam penelitian ini adalah seluruh objek wisata yang potensial yang terdiri dari sawah, kebun sayur, kenun buah-buahan, air terjun Tesbatan dan semua pihak yang membantu dalam pengembangan obyek wisata air terjun Tesbatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi pariwisata di Tesbatan memiliki peluang besar untuk menarik wisatawan hal ini dapat dilihat kekuatan pada objek wisata tersebut, namun masih ada kelemahan-kelemahan yang belum teratasi oleh pemerintah (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kupang), kelemahan atau kekurangan yang perlu diperhatikan yaitu, kurang tersedianya Sumber Daya Manusia yang profesional, fasilitias sebagai sarana seperti lopo, MCK, tempat parkiran yang kurang memadai dan kurang terawat, dan belum maksimalnya informasi serta promosi objek wisata air terjun Tesbatan.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Analisis strategi pengembangan pariwisata melalui pendekatan partisipatif masyarakat pada obyek wisata air terjun tesbatan sangat dipengaruhi oleh kekuatan dan kelemahan yang ada pada objek wisata tersebut, maka dibutuhkan keikutsertaan Pemerintah Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kupang dalam Pengembangan objek wisata yang ada.








ABSTRACT
ANALYSIS OF TOURISM DEVELOPMENT STRATEGY THROUGH PARTICIPATIVE APPROACH TO COMMUNITY WATER OBJECTS
By:
Obbie Stevan Detaq Guided By Dr. Frans Gana, M.Si
and Umbu Reku Raya, S.Tp, MM

This research is done based on the main problem how the development of waterfall object in Tesbatan. This study aims to analyze what needs to be considered and improved to make tourism object Tesbatan waterfall as one of the attractions in Kupang district.
The research method used in this research is descriptive qualitative where the data obtained by using interview technique, observation and questionnaire based on two types of data that is primary data and secondary data then data analyzed using SWOT analysis tool that is by seeing strength, weakness, opportunities and threats. And the population in this study is all potential tourist objects consisting of rice fields, vegetable garden, fruit fruits, waterfall Tesbatan and all parties who help in the development of attractions Tesbatan waterfall.
The results of this study indicate that the potential of tourism in Tesbatan has a great opportunity to attract tourists this can be seen the strength of the attraction, but there are still weaknesses that have not been overcome by the government (Department of Culture and Tourism Kabupaten Kupang), weaknesses or shortcomings that need attention that is, the lack of availability of professional Human Resources, facilities as facilities such as lopo, toilets, parking places are less adequate and less well maintained, and not maximum information and promotion attractions Tesbatan waterfall.
Thus it can be said that the analysis of tourism development strategies through participatory approach of the community on the object of the waterfall is very influenced by the strengths and weaknesses that exist in the tourist attraction, it takes the participation of the Government of Culture and Tourism Office of Kupang Regency in the development of existing tourist attraction.






DAFTAR ISI
                       Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
LEMBAR PERSETUJUAN.............................................................................. ii
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. iii
PERSEMBAHAN............................................................................................. iv
KATA PENGANTAR....................................................................................... v
ABSTRAK......................................................................................................... vii
ABSTRACT....................................................................................................... viii
DAFTAR ISI..................................................................................................... ix
DAFTAR TABEL............................................................................................. xii
DAFTAR GAMBAR........................................................................................ xiii
MOTTO.............................................................................................................. xiv
BAB I  PENDAHULUAN............................................................................... 1
.......... 1.1  LATAR BELAKANG..................................................................... 1
.......... 1.2  RUMUSAN MASALAH................................................................ 5
.......... 1.3  TUJUAN & KEGUNAAN.............................................................. 6
1.3.1  Tujuan Penulisan.................................................................... 6
1.3.2  Kegunaan penulisan............................................................... 6
BAB II TINJAUAN PUSTAKA...................................................................... 7
2.1  KAJIAN TEORITIS........................................................................ 7
2.1.1 Pengertian Pariwisata.............................................................. 7
2.1.2 Manfaat Berwisata.................................................................. 8
2.1.3 Jenis-jenis Pariwisata............................................................... 8
2.1.4 Teori Pengembangan............................................................... 10
2.1.5 Teori Pengembangan Pariwisata.............................................. 13
2.1.6 Teori Pengembangan Pariwisata Melalui
........ Pendekatan Masyarakat.......................................................... 15
2.1.7 Kendala-Kendala Dalam Pengembangan Pariwisata.............. 19
2.1.8 Strategi Pengembangan Pariwisata......................................... 20
2.2  KAJIAN EMPIRIK......................................................................... 22
BAB III  METODE PENELITIAN.................................................................. .24
3.1  KERANGKA PEMIKIRAN........................................................... .24
3.2  RUANG LINGKUP DAN LOKASI PENELITIAN..................... .26
     3.3 POPULASI DAN SAMPEL....................................................... .27
3.4  VARIABEL PENELITIAN............................................................ .27
3.5  JENIS DAN SUMBER DATA....................................................... .29
3.6  TEKNIK PENGUMPULAN DATA............................................... 32
3.7  TEKNIK ANALISIS DATA........................................................... .32
3.8  ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN DENGAN MATRIKS       SWOT        37
BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................... 38
4.1 DESKRIPTIF LOKASI PENELITIAN AIR TERJUN DESA TESBATAN     38
4.1.1 Sejarah Singkat......................................................................... 38
4.1.2 Letak Geografis Air Terjun Tesbatan....................................... 38
4.1.3 Gambaran Umum Demografis.................................................. 40
4.2 PROFIL RESPONDEN.................................................................... 40
4.2.1 Umur......................................................................................... 40
4.2.2 Pendidikan Responden............................................................. 41
4.2.2 Pekerjaan Responden................................................................ 43
4.3 FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN...................................................................................... 44
...... 4.3.1 Faktor-Faktor Internal.............................................................. 44
...... 4.3.2 Faktor-Faktor Eksternal............................................................ 45
4.4 STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN      47
4.5 METODE ANALISIS BERDASARKAN SWOT.......................... 48
4.6 PEMBAHASAN DAN ANALISIS................................................. 49
4.6.1 Daya Tarik................................................................................ 49
4.6.2 Aksesibilitas.............................................................................. 52
4.6.3 Akomodasi................................................................................ .53
4.6.4 Sarana Dan Prasarana Penunjang.............................................. 53
4.6.5 Penilaian Potensi Obyek Wisata Air Terjun Tesbatan.............. 54
4.6.6 Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Tesbatan.... 55
4.6.7 Analisis Faktor Internal dan Eksternal..................................... 56
4.6.8 Pendekatan Kuantitatif Analisis SWOT................................... 56
4.6.9 Pendekatan Kualitatif Matriks Analisis SWOT........................ 60
BAB V PENUTUP............................................................................................ 64
5.1 KESIMPULAN................................................................................. 64
5.2 SARAN............................................................................................. 64
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 66
DAFTAR RIWAYAT HIDUP......................................................................... 70
LAMPIRAN........................................................................................................ 72
BIODATA PENULIS............................................................................. 73
SURAT-SURAT ( Surat Awal Penelitian Dan Akhir Penelitian )
























DAFTAR TABEL

Table data peruntukan tanah desa Tesbatan........................................................ 39
4.1 Profil responden menurut kelompok umur.................................................... 41
4.2 Profil responden menurut kelompok tingkatan pendidikan........................... 42
4.3 Profil responden menurut kelompok jenis pekerjaan..................................... 43
4.4 Tabel daya tarik keunikan air terjun Tesbatan............................................... 49
4.5 Tabel hasil penilaian terhadap aksesibilitas air terjun Tesbatan..................... 52
4.6 Tabel hasil penilaian terhadap akomodasi air terjun Tesbatan....................... 53
4.7 Tabel hasil penilaian terhadap sarana dan prasarana air terjun Tesbatan....... 54
4.8 Tabel factor internal dan eksternal................................................................. 56
4.9 Skoring dan pembobotan factor internal....................................................... 57
4.10 Skoring dan pembobotan factor eksternal................................................... 58
4.11 Perumusan Strategi dalam analisis SWOT .................................................. 61

















DAFTAR GAMBAR

Laju Pertumbuhan Sektor Pariwisata di NTT...................................................... 2
Kerangka Pemikiran............................................................................................. 26
Diagram Analisis SWOT..................................................................................... 59

























MOTTO
YANG BELUM “TERJADI”, BUKAN BERARTI TAK “MUNGKIN”.
YANG BELUM “TERLIHAT”, BUKAN BERARTI TAK “ADA”.
YANG BELUM “DITEMUKAN”, BUKAN BERARTI “HILANG”.
YANG BELUM “BERHASIL”, BUKAN BERARTI “GAGAL”.
SEBAB DIMANA ADA “IMAN”, DISITU ADA “PENGHARAPAN”

PERCAYALAH BAHWA PROSES YANG “ADUHAI” AKAN MEMBUAHKAN SEBUAH HASIL YANG ”WAOW”

“INILAH KISAHKU YANG MENJADI TELADAN
BAGI HIDUPKU SELAMA INI”
Horizontal Scroll: BY: OBBIE DETAQ
 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL

10 Drama Korea terbaru Bulan Mei

Beberapa website membuat blog yang populer