ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF MASYARAKAT PADA OBYEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN
PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF MASYARAKAT PADA OBYEK WISATA AIR
TERJUN TESBATAN
S K R I P S I
OLEH:
NIM.
1103021028
JURUSAN
ILMU ADMINISTRASI BISNIS
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN
ILMU POLITIK
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
KUPANG
2018
LEMBAR PERSETUJUAN
ANALISIS
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF MASYARAKAT
PADA OBYEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN
S K R I P S I
OLEH:
OBBIE STEVAN DETAQ
NIM: 1103021028
Telah Disetujui Untuk Dipertahankan di Hadapan Dewan
Penguji Sarjana Lengkap Pada Tanggal
Pembimbing I Pembimbing
II
Dr. Frans Gana, M.Si Umbu Reku
Raya, S.Tp,MM
NIP: 19600614 198702 1 001 NIP: 19700720 200012 1 001
MENGETAHUI
KETUA JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS
Dr. Khalid K. Moenardy, M.Si
NIP. 19620817 198803 1 002
PERSEMBAHAN
Skripsi ini Kupersembahkan kepada:
1
Tuhan Yesus Kristus karena atas penyertaan-Nya maka
skripsi ini berhasil diselesaikan.
2
Yang tersayang kedua Orangtuaku, Bapa Jack
Steven Detaq dan mama Anna Bendelina Detaq-Palla
(alm) yang selalu memberikan harapan dan dorongan lewat
panjatan Doa.
3
Buat kakakKu tersayang Ike Detaq dan kaka ipar Siprianus Suban yang
selalu memberikan bantuan dan dorongan serta lewat panjatan Doa buat peneliti.
4
Yang tersayang kepada ke-3 keponakanKu
tersayang yang selalu memberikan harapan dan dorongan
lewat panjatan doa.
5
Almamater Fisip_Undana Khususnya Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Kupang
yang tercinta.
6
Seluruh teman-teman se-almamater yang telah membantu penulisan sampai
dengan selesai.
7
Yang terakhir
untuk kakak tercinta Salfanus Boy Yudeni Detaq (alm)
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis
Strategi Pengembangan Pariwisata Melalui Pendekatan Partisipatif Masyarakat
Pada Obyek Wisata Air Terjun Tesbatan”. Skripsi ini diajukan sebagai salah
satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana Administrasi Bisnis pada Jurusan
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa
Cendana Kupang.
Selama penyelesaian skripsi ini, penulis menyadari
sepenuhnya telah mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis
mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada :
1.
Bapak Prof. Ir. Fred Benu, M.S, Ph.D selaku Rektor
Universitas Nusa Cendana Kupang-NTT.
2.
Bapak Dr. Frans Gana, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berserta seluruh
staf.
3.
Bapak Dr. Khalid K.
Moenardy, M.Si, selaku Ketua Jurusan Administrasi Bisnis dan Bapak Drs. Lukas J.B.B. Hattu, M.Si, selaku Sekretaris Jurusan..
4.
Bapak Dr.
Frans Gana, M.Si sebagai Pembimbing I, Bapak Umbu Reku Raya, S.Tp,MM sebagai Pembimbing II yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk membimbing
penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
5.
Ibu
Dra. Lustry Rahayu, M.Si selaku Dosen Penasehat Akademik yang telah membimbing
penulis selama penulis menyelesaikan studi di jurusan Administrasi Bisnis.
6.
Bapak
Drs Abas Kasim, M.Si, Bapak Drs. Tobias T. Bunga, M.AB dan Bapak Drs. Anthonius B. Mesakh, M.Si
selaku calon penguji yang telah meluangkan waktunya untuk menguji penulis.
7.
Bapak
dan Ibu dosen Jurusan Administrasi Bisnis terima kasih karena telah mengajar
dari semester I sampai Semester VII.
- Pihak-pihak
di sekitar lokasi penelitian yang telah bersedia menjadi responden terima kasih karena telah
membantu penulis dalam mengumpulkan data.
- Buat Mama (Anna Bendelina Detaq-Palla), Bapak (Jack Steven
Detaq), Om , Tante, Oma, Opa, To’o Lon Runesi dan Tante Ocy Serta semua
keluarga Dawang yang telah mendoakan penulis sehingga dapat menyelesaikan
skripsi ini dengan baik.
- Saudara-saudari yang selalu mendukung penulis Kakak Ike Suban-Detaq, kakak Siprianus Suban, Dhiny Suban, Fanny Suban, Rajo-Boy Suban.
- Sahabat-sahabatku tercinta yang tak bisa disebutkan satu persatu, yang senantiasa mendoakan, membantu dan memberikan semangat kepada penulis sejak awal perkuliahan dan ketika menghadapi masalah.
- Teman-teman Bhabizickh”11”.
- Teman-teman KKN desa Manulai I Periode Juli-September 2014.
- Kaka-kaka semester Fisip Undana Tercinta yang tidak dapat disebutkan satu persatu karena terlalu banyak,
- Kepada semua pihak yang tidak disebutkan namanya satu-persatu yang telah membantu selama penulisan skripsi ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Akhirnya, sebagai manusia yang tidak lepas dari banyak
kesalahan, penulis menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari kesempurnaan.
Oleh karena itu, kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan
skripsi ini.
Semoga skripsi ini dapat
bermanfaat bagi para pembaca khususnya para mahasiswa Jurusan Administrasi
Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang.
Kupang,
2018
Penulis
ABSTRAK
ANALISIS
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF MASYARAKAT
PADA OBYEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN
Oleh:
Obbie Stevan Detaq Dibimbing Oleh Dr. Frans Gana, M.Si
dan Umbu
Reku Raya, S.Tp,MM
Penelitian ini dilakuan berdasarkan masalah pokok bagaimana
pengembangan obyek wisata air terjun di Tesbatan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis apa saja yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan untuk
menjadikan obyek wisata air terjun Tesbatan sebagai salah satu obyek wisata
yang ada di kabupaten Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dengan menggunakan teknik
wawancara, observasi dan kuesioner yang didasarkan atas dua jenis data yaitu
data primer dan data sekunder selanjutnya data dianalisis menggunakan alat
analisis SWOT yaitu dengan melihat kekuatan (strenght), kelemahan (weakness),
peluang (opportinities) dan ancaman (treats). Serta populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh objek wisata yang potensial yang terdiri dari
sawah, kebun sayur, kenun buah-buahan, air terjun Tesbatan dan semua pihak yang
membantu dalam pengembangan obyek wisata air terjun Tesbatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi pariwisata di
Tesbatan memiliki peluang besar untuk menarik wisatawan hal ini dapat dilihat
kekuatan pada objek wisata tersebut, namun masih ada kelemahan-kelemahan yang
belum teratasi oleh pemerintah (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten
Kupang), kelemahan atau kekurangan yang perlu diperhatikan yaitu, kurang
tersedianya Sumber Daya Manusia yang profesional, fasilitias sebagai sarana
seperti lopo, MCK, tempat parkiran yang kurang memadai dan kurang terawat, dan
belum maksimalnya informasi serta promosi objek wisata air terjun Tesbatan.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Analisis strategi pengembangan pariwisata
melalui pendekatan partisipatif masyarakat pada obyek wisata air terjun
tesbatan sangat dipengaruhi oleh kekuatan dan kelemahan yang ada pada
objek wisata tersebut, maka dibutuhkan keikutsertaan Pemerintah Dinas
kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kupang dalam Pengembangan objek wisata yang
ada.
ABSTRACT
ANALYSIS OF TOURISM DEVELOPMENT
STRATEGY THROUGH PARTICIPATIVE APPROACH TO COMMUNITY WATER OBJECTS
By:
Obbie Stevan Detaq Guided By Dr.
Frans Gana, M.Si
and Umbu Reku Raya, S.Tp, MM
This research is done based on the main
problem how the development of waterfall object in Tesbatan. This study aims to
analyze what needs to be considered and improved to make tourism object
Tesbatan waterfall as one of the attractions in Kupang district.
The research method used in this research
is descriptive qualitative where the data obtained by using interview
technique, observation and questionnaire based on two types of data that is
primary data and secondary data then data analyzed using SWOT analysis tool
that is by seeing strength, weakness, opportunities and threats. And the
population in this study is all potential tourist objects consisting of rice
fields, vegetable garden, fruit fruits, waterfall Tesbatan and all parties who
help in the development of attractions Tesbatan waterfall.
The results of this study indicate that
the potential of tourism in Tesbatan has a great opportunity to attract
tourists this can be seen the strength of the attraction, but there are still
weaknesses that have not been overcome by the government (Department of Culture
and Tourism Kabupaten Kupang), weaknesses or shortcomings that need attention
that is, the lack of availability of professional Human Resources, facilities
as facilities such as lopo, toilets, parking places are less adequate and less
well maintained, and not maximum information and promotion attractions Tesbatan
waterfall.
Thus it can be said that the analysis of
tourism development strategies through participatory approach of the community
on the object of the waterfall is very influenced by the strengths and
weaknesses that exist in the tourist attraction, it takes the participation of
the Government of Culture and Tourism Office of Kupang Regency in the
development of existing tourist attraction.
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.........................................................................................
i
LEMBAR PERSETUJUAN..............................................................................
ii
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................
iii
PERSEMBAHAN.............................................................................................
iv
KATA PENGANTAR.......................................................................................
v
ABSTRAK......................................................................................................... vii
ABSTRACT....................................................................................................... viii
DAFTAR ISI..................................................................................................... ix
DAFTAR TABEL.............................................................................................
xii
DAFTAR GAMBAR........................................................................................ xiii
MOTTO..............................................................................................................
xiv
BAB I
PENDAHULUAN............................................................................... 1
.......... 1.1 LATAR BELAKANG..................................................................... 1
.......... 1.2 RUMUSAN MASALAH................................................................ 5
.......... 1.3 TUJUAN & KEGUNAAN.............................................................. 6
1.3.1 Tujuan Penulisan.................................................................... 6
1.3.2 Kegunaan penulisan............................................................... 6
BAB II TINJAUAN PUSTAKA...................................................................... 7
2.1 KAJIAN
TEORITIS........................................................................ 7
2.1.1 Pengertian Pariwisata.............................................................. 7
2.1.2 Manfaat Berwisata.................................................................. 8
2.1.3 Jenis-jenis
Pariwisata............................................................... 8
2.1.4 Teori Pengembangan............................................................... 10
2.1.5 Teori Pengembangan
Pariwisata.............................................. 13
2.1.6 Teori Pengembangan Pariwisata Melalui
........ Pendekatan Masyarakat.......................................................... 15
2.1.7 Kendala-Kendala Dalam
Pengembangan Pariwisata.............. 19
2.1.8 Strategi Pengembangan
Pariwisata......................................... 20
2.2 KAJIAN EMPIRIK......................................................................... 22
BAB III
METODE PENELITIAN.................................................................. .24
3.1 KERANGKA PEMIKIRAN........................................................... .24
3.2 RUANG LINGKUP DAN LOKASI PENELITIAN..................... .26
3.3
POPULASI DAN SAMPEL....................................................... .27
3.4 VARIABEL PENELITIAN............................................................ .27
3.5 JENIS DAN SUMBER DATA....................................................... .29
3.6 TEKNIK PENGUMPULAN DATA............................................... 32
3.7 TEKNIK ANALISIS DATA........................................................... .32
3.8 ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN DENGAN
MATRIKS SWOT 37
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................... 38
4.1 DESKRIPTIF LOKASI PENELITIAN AIR TERJUN DESA TESBATAN 38
4.1.1 Sejarah Singkat......................................................................... 38
4.1.2 Letak Geografis Air
Terjun Tesbatan....................................... 38
4.1.3 Gambaran Umum
Demografis.................................................. 40
4.2 PROFIL RESPONDEN.................................................................... 40
4.2.1 Umur......................................................................................... 40
4.2.2 Pendidikan Responden............................................................. 41
4.2.2 Pekerjaan Responden................................................................ 43
4.3 FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL
PENGEMBANGAN
OBJEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN...................................................................................... 44
...... 4.3.1 Faktor-Faktor Internal.............................................................. 44
...... 4.3.2 Faktor-Faktor Eksternal............................................................ 45
4.4 STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN TESBATAN 47
4.5 METODE ANALISIS BERDASARKAN
SWOT.......................... 48
4.6 PEMBAHASAN DAN ANALISIS................................................. 49
4.6.1 Daya Tarik................................................................................ 49
4.6.2 Aksesibilitas.............................................................................. 52
4.6.3 Akomodasi................................................................................ .53
4.6.4 Sarana Dan Prasarana Penunjang.............................................. 53
4.6.5 Penilaian Potensi Obyek Wisata Air Terjun Tesbatan.............. 54
4.6.6 Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Tesbatan.... 55
4.6.7 Analisis Faktor Internal dan Eksternal..................................... 56
4.6.8 Pendekatan Kuantitatif Analisis SWOT................................... 56
4.6.9 Pendekatan Kualitatif Matriks Analisis SWOT........................ 60
BAB V PENUTUP............................................................................................ 64
5.1 KESIMPULAN................................................................................. 64
5.2 SARAN............................................................................................. 64
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 66
DAFTAR RIWAYAT HIDUP......................................................................... 70
LAMPIRAN........................................................................................................ 72
BIODATA PENULIS............................................................................. 73
SURAT-SURAT ( Surat Awal Penelitian Dan Akhir Penelitian )
DAFTAR
TABEL
Table data peruntukan tanah desa Tesbatan........................................................ 39
4.1 Profil responden menurut kelompok umur.................................................... 41
4.2 Profil
responden menurut kelompok tingkatan pendidikan........................... 42
4.3 Profil
responden menurut kelompok jenis pekerjaan..................................... 43
4.4 Tabel daya
tarik keunikan air terjun Tesbatan............................................... 49
4.5 Tabel hasil
penilaian terhadap aksesibilitas air terjun Tesbatan..................... 52
4.6 Tabel hasil
penilaian terhadap akomodasi air terjun Tesbatan....................... 53
4.7 Tabel hasil
penilaian terhadap sarana dan prasarana air terjun Tesbatan....... 54
4.8 Tabel factor
internal dan eksternal................................................................. 56
4.9 Skoring dan
pembobotan factor internal....................................................... 57
4.10 Skoring dan
pembobotan factor eksternal................................................... 58
4.11 Perumusan Strategi
dalam analisis SWOT .................................................. 61
DAFTAR GAMBAR
Laju Pertumbuhan Sektor Pariwisata di NTT...................................................... 2
Kerangka Pemikiran............................................................................................. 26
Diagram Analisis SWOT..................................................................................... 59
MOTTO
YANG BELUM “TERJADI”,
BUKAN BERARTI TAK “MUNGKIN”.
YANG BELUM “TERLIHAT”, BUKAN
BERARTI TAK “ADA”.
YANG BELUM “DITEMUKAN”,
BUKAN BERARTI “HILANG”.
YANG BELUM “BERHASIL”, BUKAN
BERARTI “GAGAL”.
SEBAB DIMANA ADA “IMAN”, DISITU ADA “PENGHARAPAN”
PERCAYALAH BAHWA PROSES YANG “ADUHAI” AKAN MEMBUAHKAN SEBUAH HASIL YANG ”WAOW”
“INILAH KISAHKU YANG MENJADI TELADAN
BAGI HIDUPKU SELAMA INI”
![]() |
Komentar
Posting Komentar